Halo Pekebun, Siapa yang tidak kenal durian? Yap. Durian menjadi buah favorit banyak orang lantaran amis dan rasanya yang Yummy.. Yaa meskipun tidak semua orang suka buah durian, at least saya suka :D. Anyway guys kebanyakan kita hanya peduli pada buah duriannya saja loh, belum banyak yang mengetahui bagaimana cara menanam durian dan apa-apa saja syarat tumbuh tumbuhan durian ini semoga bisa tumbuh dengan baik.  Nah..yuk simak artikel menarik ini dan menjadi refrensi buat kamu, khususnya kau yang berprofesi sebagai pekebun. Lets go!

Syarat Budidaya Tumbuh Tanaman Durian


Tanaman durian paling menyukai tempat yang  subur,  bertanah  gembur  dan  tidak  bercadas..  Memerlukan  suhu  serta  kelembaban  yang tinggi  sehingga  akan  tumbuh  optimal  di dataran  rendah  dan  sedang  sampai ketinggian  800  m  dpl.   Cocok  di  daerah basah.  Di Indonesia, sebagian besar durian masih ditumbuhkan secara generatif dari benih,  meskipun  pada  perkebunan  skala  komersial  bibit  durian  yang  ditanam diperbanyak  dengan  sambung  pucuk  (grafting).  Di  Filipina,  perbanyakan  dengan benih  telah  diganti  dengan  penyambungan  sanding  (inarching) dan  penyambungan celah  (cleft  grafting). Panggabean,  G.  1975. Shinggan dapatt dikatakan



Jenis Rekomendasi Tanah

TSetelah kita membahas apa-apa saja syarat tumbuh tumbuhan durian, kita lanjut membahas rekomendasi jenis tanah yang baik untuk tumbuhan durian.  Tanaman durian tergolong tumbuhan yang berpengaruh dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Faktanya bahwa banyak pohon durian tidak perlu dirawat dengan intens, namun bisa berbuah. Namun alangkah lebih baik melalukan tahapana perawatan demi mwujudkan produktivitas yang tinggi. Tanah yang cocok untuk Tanaman durian yakni Tanah Lempung berpasir dan subur. Karena itu tanah ini tidak cocok pada jenis tanah podsolit merah kuning (PMK) dan tanah liat berpasir. Kandungan kemasaman tanah pH yang cocok untuk tumbuhan durian berkisar antara 5,5 dan 7 pH, ada banyak sekali cara untuk mengukur kadar kemasaman tanah ini. Salah satu yang sederhana yakni dengan memakai kertas lakmus dengan buku indicator warna tanah. Topgrafi tanah yang cocok untuk tumbuhan dikehendaki landau atau berlembah tidak curam. Pun jikalau ada kemiringan tanah, bagusnya tidak melebihi 3 sd 40 derajat kemiringan lahan.



Iklim Rekomendasi untuk Budidaya Tanaman Durian

Curah Hujan yang manis demi terciptanya kelangsungan siklus hidup tumbuhan durian yang baik beraada pada nilai maksimum 3000-3500 mm/tahun. Sedangkan curah hujan minimal berada pa berkisar 1500-3000 mm/tahun. Artinya tumbuhan durian butuh air (kelembaban tanah) yang baik.

Suhu yang baik untuk tumbuhan durian yaitu pada suhu rata-rata 20-30 0 C, sedangkan intensitas sinar matahari yang diharapkan untuk proses metabolisme badan tumbuhan durian berkisar 7-8 jam per hari.



Jenis-Jenis Tanaman Durian Beragam loh Guys.

Terdapat  banyak  kultivar  dan  klon  durian,  terutama  durian  jenis Durio  zibethinus  Murr.  atau  yang  biasa  disebut  “durian  budidaya”.  Reza  (2002) melaporkan  sebanyak  28  kultivar  durian  unggul  yang  ada  di  Indonesia.  Banyaknya kultivar  durian  tadi  menyebabkan  kesulitan  untuk  membedakannya,  disebabkan  oleh kurangnya  informasi  mengenai  ciri  kultivar  durian Perbanyakatan tumbuhan durian sanggup dilakukan melalui cara generatif (dengan biji) atau vegetatif (okulasi, penyusuan atau cangkokan).